Pengertian Brosur, Sudah Tahukah Anda?

Rusdianto Unknown on Monday, June 9, 2014

Secara sederhana pengertian brosur adalah media cetak untuk mempromosikan sebuah produk. Sudah barang tentu membuat brosur harus jelas dan menarik. Konsep membuat brosur harus menarik dari berbagai unsur contohnya: Redaksi harus menarik dan bom bastis, judul produk harus jelas, spesifikasi produk harus lengkap, dan desain harus menarik.

Brosur yang baik adalah brosur yang menampilkan produk yang diiklankan dengan jelas dan lengkap. Tujuannya adalah ketika orang melihat brosur yang kita buat langsung mengerti terhadap produk yang ada di dalam brosur tersebut. Saya sering melihat brosur ketika berkunjung ke sebuah pameran di sana sering tersaji kumpulan brosur dengan berbagai macam desain. Menurut saya, tidak semua brosur yang terpajang menarik tapi ada juga yang menarik perhatian saya. Contoh brosur yang baik: Produk yang ditawarkan jelas, judul brosur menarik, harga brosur jelas, spesifikasi brosur jelas, contact person jelas, dan paduan warna serta desainnya sangat menarik.

Perlu diingat bahwa, calon konsumen yang melihat brosur yang kita buat harus percaya bahwa produk tersebut bagus dan betul-betul solusi bagi mereka. Maka dari itu, membuat brosur jangan ada kesalahan contohnya: salah mengetik, tidak ada harga, gambar produk kurang bagus, tidak ada contact person, desain kurang baik, dan tidak ada alamat produsen. Contoh-contoh kesalahan di atas, harus betul-betul dihindari karena dapat mengurangi kepercayaan orang terhadap produk yang kita iklankan.

Kebanyakan brosur yang beredar sekarang brosur itu hanya beberapa halaman, bahkan ada juga yang satu halaman. Tetapi bobot brosur itu akan mempengaruhi orang yang melihatnya karena tujuan dibuatkan brosur adalah untuk menarik perhatian calon konsumen. Oleh karena itu, walaupun hanya satu halaman, membuat desain brosur harus betul-betul diperhatikan. Kemudian redaksi yang ada di  brosur berbeda dengan redaksi yang ada di buku maupun majalah. Redaksi/materi yang ada di brosur betul-betul harus materi iklan yang menarik.

Kemudian bentuk dan ukuran desain brosur berbeda-beda ada yang ukuran kecil, besar, dan sedang. Semua ukuran buku ada kelebihan dan kekurangannya. Jika brosur Anda ingin mudah dibawa kemudian mudah di masukan ke saku/tas, maka buat ukuran brosur yang kecil. Kemudian jika Anda ingin brosur yang lebih besar, maka buatlah brosur yang ukuran A4 tetapi, biasanya orang enggan membawa brosur yang ukurannya agak besar. Tapi itu bukanlah masalah yang penting orang tertarik dan membelinya ketika melihat produk di brosur tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment