UKURAN BUKU YANG BAIK

Rusdianto Unknown on Sunday, June 1, 2014

By. Rusdianto

Apakabar semuanya? Salam sejahtera semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan YME. Update hari ini, yuk kita kaji hal-hal yang mendasar tentang rencana pembuatan sebuah buku yang baik dan mempunyai standar kelayakan dari sisi kegrafikaan.

Sebagai desainer, ketika berkerja mempunyai misi hasil karyanya bagus, baik dari yang terbaik dan dapat diterima dan dinikmati oleh masyarakat luas. Ketika hasil karya kita maksimal, maka kita akan mendapatkan kepuasan baik material maupun batin.

Ada beberapa hal yang mendasar ketika menciptakan sebuah buku yang mana berangkat dari ukuran buku. Pertanyaannya, apakah ukuran buku itu bebas dibuat, bebas menentukan sendiri, atau ada hal lain yang bisa menjadikan sebuah acuan bagi para desainer untuk menentukan ukuran buku.

Ukuran buku yang baik adalah ukuran buku yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna, percetakan, dan efesien (tidak banyak membuang kertas ketika mencetak). Ukuran buku ada standarnya yang akan membantu kenyamanan pengguna dan bisa menguntungkan percetakan karena tidak membuang banyak kertas. Juga ukuran kertas ini bisa digunakan oleh desainer untuk membuat sebuah ruang desain cover buku yang baik.

Beberapa contoh ukuran buku yang biasa digunakan untuk membuat desain sebuah buku sebagai berikut:

Ukuran Buku A4

Buku dengan ukuran A4 (210 mm x 297 mm) ukurannya cukup besar, tapi ukuran A4 ini tidak banyak membuang kertas ketika dicetak di mesin offset. Ukuran buku A4, banyak digunakan sebagai buku pelajaran dari TK sampai SMA.

Ukuran Buku B5

Buku dengan ukuran B5 (176 mm x 250 mm) ukurannya sedang dan ukuran jenis B5 ini efesien dan tidak membuang banyak kertas ketika dicetak. Ukuran buku B5 banyak dibuat untuk buku TK-SMA, perguruan tinggi, dan umum.

Ukuran Buku A5

Buku dengan ukuran A5 (145 mm x 210 mm) ukurannya kecil tapi sangat efesien untuk dicetak karena tidak membuang banyak kertas. Kemudian buku dengan ukuran ini, banyak digunakan untuk buku-buku umum dan sejenisnya.

Ketiga ukuran buku di atas, merupakan ukuran buku yang ideal dan baik untuk digunakan. Tidak hanya itu, ukuran buku tersebut merupakan ukuran buku yang sudah standar ISO. Artinya tidak perlu diragukan lagi untuk menggunakan ukuran-ukuran buku yang dijelaskan di atas.

Setiap ada kurikulum baru, biasanya pemerintah mengadakan penilaian buku-buku pelajaran yang diadakan oleh kemdikbud dan BSNP. Kemudian untuk penilaian buku tersebut, dibuatkan sebuah rambu-rambu/instrumen kegrafikaan yang biasanya dibuat oleh badan penilai buku yaiutu Puskurbuk. 

Dalam beberapa kali pelatihan kegrafikaan, Puskurbuk menyarankan ukuran buku sebagai berikut: A4 (210 mm x 210 mm) dan B5 (176 mm x 25 mm). Bukan  tanpa alasan mereka merekomendasikan ukuran buku tersebut, pasti sudah diadakan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh badan tersebut. 

Jika Anda kurang yakin dengan ukuran-ukuran buku di atas, tidak ada salahnya coba datang ke toko buku dan surpei di sana, apakah di toko tersebut dari sekian banyak buku menggunakan ukuran apa? Saya sudah mencoba surpei seperti itu, yang paling banyak ukuran buku adalah A5, B5, dan A4.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman desainer untuk membuat sebah karya yang lebih berkualitas, baik, dan menjadi yang terbaik. Demikian artikel saya buat salam desain Konsultasi: 0818-0999-0987 BBM PIN 29E7E9BB.


{ 5 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

book is one repository of knowledge and I really appreciate the clever people who have made the book and thanks for your hard work and cleverness shared all nations

dewa poker

Anonymous said...

Klo buku saku, ukuran yang baiknya berapa gan?

CakRul said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

terimakasih atas artikelnya Gan

Anonymous said...

Ukuran Buku Yang Baik >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Ukuran Buku Yang Baik >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Ukuran Buku Yang Baik >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment