CONTOH COVER BUKU PENTING UNTUK BAHAN BANDING

Rusdianto Unknown on Thursday, May 22, 2014

By Rusdianto

Berdasarkan pengalaman saya, membuat desain cover buku banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan desain cover buku yang baik dan menarik. Jika kita urutkan langkah-langkah pembuatan desain cover buku bisa dibuat sebuah alur yang sederhana bisa dimulai dari Naskah – penjabaran isi naskah oleh penulis atau editor -  ilustrasi atau gambar yang bisa mewakili isi naskah atau buku tersebut dan yang terakhir adalah tugas seorang desainer yang harus bisa membuat karya desain cover buku yang menarik dan bisa menggambarkan isi buku di dalamnya. 

Seorang desainer grafis yang bertugas untuk membuat desain cover buku tersebut harus mempunyai wawasan yang luas di dunia desain grafis dan perkembangannya. Salah satu cara yang cukup cerdik untuk membuat desain cover buku adalah dengan melihat contoh cover buku yang dibuat oleh orang lain dengan beberapa contoh desain. Pemilihan contoh cover buku yang akan dijadikan sebagai bahan banding tentunya tidak sembarangan harus betul-betul menarik supaya desain cover buku yang akan Kita buat bisa lebih menarik dari contoh desain tersebut. 

Alasan saya kenapa harus melihat contoh cover buku orang lain? Pertanyaan yang cukup sederhana tetapi ini sangat penting untuk diketahui yaitu untuk mendongkrak ide Kita supaya dalam membuat sebuah konsep desain cover buku bisa lebih mantap, bervariasi, dan mudah-mudahan ide yang Kita kembangkan bisa lebih bagus dari contoh buku yang dijadikan bahan banding. Ada hal penting yang harus dipikirkan dan dipelajari oleh para desainer grafis khususnya yang bekerja dipenerbitan baik di penerbit buku, majalah, dan lain-lain. Jika Kita melihat sebuah desain cover buku yang sangat menarik di internet atau di toko buku sudah barang tentu bahwa buku tersebut sebelum cetak atau dijadikan sampul buku sudah dilihat oleh para ahli dibidangnya.

Oleh karena itu, saya sangat menganjurkan siapkan contoh desain cover orang lain baik dari internet, toko buku, perpustakaaan, dan seterunya. Jika kita sudah paham pentingnya bahan banding ketika kita bekerja maka di sanalah kita sebetulnya sedang bersaing dengan karya seni orang lain yang sudah lebih dulu diterbitkan. Berdasarkan pengalaman, saya sangat yakin jika prosedur pembuatan desain cover buku mengikuti konsep yang dibahas di dalam artikel ini, maka hasilnya akan lebih bagus dan menarik.

Selanjutnya setelah semua bahan untuk membuat desain Cover buku lengkap, tugas desainer berikutnya adalah mencari konsep dan ide-ide yang jitu untuk membuat desain cover buku yang baik dan menarik. Harus ada inovasi yang baru untuk membuat desain cover yang bagus contohnya dengan banyak melihat desain cover buku yang sedang trend saat ini. Banyak desainer yang selalu menciptakan sebuah karya seni yang unik dan baru untuk menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Inovasi tersebut semua, desainer bisa menciptakan sesuai karakter dan ide desainer itu sendiri. Caranya? Silahkan kembangkan desain-desain pembanding yang ada di depan Anda ketika mendesain. Ide bisa datang dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Ok, kesimpulan dari artikel ini adalah untuk menciptakan desain cover buku yang bagus harus berfikir ekstra keras dengan melihat contoh buku yang dibuat oleh orang lain sehingga Kita mempunyai ukuran kualitas desain Kita dengan desain milik orang lain.

Pengalaman dan kemampuan Anda akan sangat berguna dalam praktik atau proses desain. Coba ciptakan inovasi atau ide-ide baru sehingga karya desain Anda betul-betul mempunyai karakter dan ciri khas yang diakui banyak orang. Tidak lupa terima kasih Anda telah membaca artikel ini, saya penulis selalu berharap artikel ini bisa dijadikan referensi bacaan Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment