Dunia Penerbit, Yuk! mengenal lebih dalam tentang dunia penerbit

Rusdianto Unknown on Friday, June 13, 2014

Sering kita mendengar kata penerbit. Penerbit adalah sebuah usaha yang berhubungan dengan perbukuan. Perusahaan penerbit terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya: Penerbit buku pelajaran, penerbit buku umum, penerbit majalah, dan lain-lain. Pada dasarnya sebuah perusahaan penerbit menerbitkan buku dan sejenisnya.

Proses pembuatan buku yang dilakukan oleh penerbit melalui beberapa tahapan yang terdiri dari beberapa tim yang harus bekerja secara paralel sebagai berikut: Penulis, editor, ilustrator, desainer dan penelaah. Keempat bagian tersebut semuanya sama penting, karena mempunyai fungsi yang mendukung satu sama lainnya.

Urutan-urutan dalam pembuatan buku berawal dari naskah, kemudian di edit oleh editor, konten di setting oleh setter, dan cover buku didesain oleh desainer. Urutan pembuatan buku terlihat sederhana tapi membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Penerbit buku di Indonesia sangat banyak dari penerbit buku kecil sampai penerbit buku yang berskala Nasional. Beberapa penerbit yang besar sebagai berikut: Erlangga, Intan Pariwara, Sarana Pancakarya Nusa, Yudistira, dan penerbit besar lainnya.

Tidak hanya penerbit swasta, penerbit pemerintah juga ada seperti Balai Pustaka. Setiap perusahaan penerbit mempunyai target pasar yang berbeda-beda, tetapi banyak juga yang pasarnya sama. Untuk penerbit yang pasarnya sama, maka mereka bersaing dikualitas buku dan harga serta diskon ketika menjual ke sekolah atau ke toko buku.

Untuk penerbit kecil, banyak juga karena tidak sedikit penerbit besar di atas mempunyai anak perusahaan yaitu penerbit-penerbit kecil, atau penerbit kecil yang berdiri sendiri. Penerbit kecil sering juga mendapatkan pekerjaan dari penerbit yang bersekala besar.

Adanya penerbit besar bisa juga membantu perkembangan usaha penerbit kecil. Penerbit besar bisa memberikan job kepada penerbit kecil ketika mereka over load pekerjaannya. Jelas ini sangat menguntungkan bagi penerbit kecil, tetapi bukan sesuatu yang mudah mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh penerbit besar, karena mereka sudah mempunyai standar kualitas hasil pekerjaan yang bagus.

Sebagai gambaran, orang-orang yang bekerja di perusahaan penerbit sebagai berikut:

Penulis:
Tugas seorang penulis adalah orang yang mengarang buku, menulis buku, atau menyusun buku sehingga menjadi naskah yang siap diedit kemudian menjadi sebuah naskah.

Editor:
Tugas editor adalah mengedit naskah yang dibuat oleh penulis. Editing yang dilakukan oleh editor terhadap naskah tersebut, meliputi: EYD (kebahasaan), kebenaran materi, kesesuaian kurikulum, dan lain-lain.


Setter:
Tugas setter adalah merubah format naskah menjadi format buku dengan menggunakan software tertentu. Beberapa software desain grafis yang direkomendasikan untuk setter sebagai berikut: Adobe Indesign, page maker, quart express, dan lain-lain.

Illustrator:
Tugas ilustrator adalah menggambar atau mencari gambar atau membuat gambar untuk naskah tersebut sesuai dengan isi materi buku. Pekerjaan ilustrator ini mengikuti petunjuk atau arahan dari penulis atau editor.

Desainer:
Tugas desainer adalah membuat kemasan buku tersebut baik isi maupun bagian cover buku. Salah satu tugas desainer adalah membuat cover buku, typografi buku, dan membuat tampilan isi dan cover buku menjadi lebih menarik.

Korektor:
Tugas korektor adalah membaca keseluruhan isi buku baik dari eyd, keterbacaan, kesesuain materi, dan lain-lain.

Selain bagian kerja di atas, masih banyak juga bagian-bagian yang lain seperti: Direktur, Manajer, Kasi, Administrasi, Marketing, dan lain-lain.


Demikian pengertian penerbit dan bagaimana perusahaan penerbit berjalan sebagai perusahaan. Semoga membantu dan salam sejahtera dan happy bloging.

{ 2 comments... read them below or add one }

Miss.G said...

Artikelnya bagus, sy ijin share boleh ya. :)
Tq

Unknown said...

Ok, Silahkan

Post a Comment