Desain Sampul Buku, Bisa Mendongkrak Penjualan

Rusdianto Unknown on Saturday, June 7, 2014

Cara membuat desain sampul buku yang baik dan menarik ini adalah salah satu tugas seorang desainer grafis dan merupakan konsep yang dari dulu hingga kini masih tetap dipegang sebagai tangguang jawab moral desainer. Mengapa Desain sampul buku harus menarik? Oh so pasti karena yang pertama dilihat dan dinilai oleh seseorang yang melihatnya adalah desain sampul buku. Pertanyaannya bagaimana kalau desain sampul buku tersebut tidak menarik?

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara membuat Desain Sampul buku yang baik, cepat, dan tidak ada kesalahan yang bisa menyebabkan rugi atau biaya produksi yang membengkak. Teknik pembuatan sebuah desain sampul buku yang paling pertama harus diperhatikan adalah Bahan, Ukuran, serta kepentingan lainnya.

Bahan atau kertas yang mau dipergunakan sebagai bahan sampul buku harus tahu terlebih dahulu karena ada hubungannya dengan proses desain sampul  buku dan  proses film atau plat. Jika dari awal salah maka hasilnya akan bermasalah atau kurang memuaskan.

Yang tidak kalah penting adalah ukuran desain sampul buku harus di tetapkan dari awal karena jika tidak maka akan kerepotan ketika ada perubahan. Meskipun hanya berubah ukuran tapi akibatnya bisa patal dan bisa juga menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

Jika semua keperluan seperti Bahan, ukuran, judul, font sudah fix maka selanjutnya adalah proses membuat desain sampul buku yang menarik. Ada satu hal lagi yang sangat penting perlu komunikasi dengan penulis atau editor untuk mendiskusikan deskripsi sampul buku yang akan dibuat. Mengapa perlu berkomunikasi dengan mereka mengenai deskripsi sampul buku yang sedang dibuat? Karena mereka yang lebih tahu tentang isi buku agar desain sampul bukunya sesuai dan menggambarkan isi buku tersebut.

Program yang tepat untuK membuat desain sampul menurut saya adalah Adobe photoshop untuk editing images atau gambar, Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Tapi itu semua tergantung kebiasaan desainer itu  sendiri.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment