Cara Membuat Desain Banner

Rusdianto Unknown on Thursday, June 12, 2014


Pernahkah anda membuat desain banner untuk iklan atau website? Desain grafis yang satu ini sangat saya sukai. Kenapa? Karena format warna yang digunakan adalah RGB dan tidak usah memikirkan space warna untuk cetak atau CMYK. Lain cetak lain web artinya ketika seorang desainer mendesain banner untuk web atau iklan di internet bisa menggunakan warna apa saja dan tampilannya akan sangat bagus. 

Software desain grafis yang digunakan untuk membuat desain banner seperti: adobe photoshop, corel draw, adobe illustrator, adobe flash, gim, dan lain-lain. Ukuran desain banner yang biasa digunakan di internet bermacam-macam seperti: 250 x 250 pixel, 300x 250 pixel, 300 x 300 pixel, 728x90 pixel, 120x120 pixel dan lain-lain. Hampir di setiap website ada desain banner yang bagus dengan iklan produk yang menarik terlebih website toko onlie seperti amazon.com

Membuat sebuah desain banner tidak sulit asal kita tahu caranya. Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat desain banner adalah jangan teralu banyak menggunakan warna, menggunakan huruf yang jelas (terbaca), warna cerah, dan produk yang lebih dominan. Banner adalah sebuah iklan dan bertujuan untuk menarik pembaca agar penasaran kemudian mengklik banner tersebut.

Karena banner berukuran kecil maka seorang desainer harus pandai memanfaatkan setiap ruangan di dalam banner tersebut. Untuk iklan atau redaksi yang digunakan oleh banner tersebut harus singkat, padat, jelas, penasaran, dan menarik. Singkat kata bagaimana caranya orang yang melihat banner tersebut mengerti maksudnya. 

Tidak hanya desainer grafis yang membuat desain banner, orang yang jago animasi pun ikut berperan dalam meramaikan desainer banner yang menarik. Mereka biasanya menggunakan adobe flash atau macromedia flash. Diperlukan imajinasi dan ide yang detil untuk menghasilkan animasi banner yang menarik.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment