TIPOGRAFI COVER BUKU

Rusdianto Unknown on Thursday, May 29, 2014

TIPOGRAFI COVER BUKU


Tipografi disebut juga tata huruf, maka bisa didefinisikan tipografi merupakan sebuah ilmu yang mengatur tata letak huruf pada ruang desain yang tersedia bertujuan meciptakan hasil tertentu. Tujuan tipografi tidak lain untuk membantu pembaca supaya nyaman ketika membaca buku.

Ada beberapa tips supaya cover buku dan isinya terlihat bagus dan konsisten, sebagai berikut:

1. Font atau huruf yang digunakan harus menarik dan mudah dibaca.
Pada cover buku biasanya judul buku lebih dominan jika dibandingkan dengan penerbit dan nama penulis. Kemudian judul buku harus memberikan informasi yang jelas dan komunikatif terkait materi isi buku.

2. Warna judul buku harus lebih kontras daripada warna latar belakang.
Supaya terlihat lebih menarik dan menjadi penyampaian isi buku tersebut, maka judul buku harus lebih menonjol dibandingkan dengan elemen buku yang lain.

3. Ukuran huruf yang digunakan di cover buku.
Ukuran buku sebaiknya lebih besar dibandingkan huruf yang ada di cover buku, tetapi harus tetap proposioal dengan ukuran buku supaya tetap terlihat menarik.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan jenis font/huruf.
Ada banyak jenis font yang bisa didownload di internet, tetapi kita harus tetap memilih jenis font yang baik dan nyaman ketika dibaca. Jenis font yang direkomendasikan adalah font yang keterbacaannya jelas dan mudah dibaca. Kemudian font yang harus dihindari adalah font dekorasi atau hias.

5. Konsistensi jenis font isi dan cover buku.
Sebaiknya jenis font yang digunakan di cover, sama atau masih famili font yang digunakan di isi. Mengapa demikian? Supaya jenis font yang ada di cover buku dan di isi menjadi padu dan konsistensinya terlihat padu.

Di atas adalah beberapa penjelasan tentang tipografi supaya cover buku dan isinya mempunyai konsistensi yang satu kesatuan. Tetapi tidak demikian, di dalam dunia seni atau desain kita boleh menggunakan desain apapun yang paling penting kita harus bijaksana ketika membuat desain dan hasil desain kita akan dikomsumsi oleh siapa.

Sebetulnya tidak ada aturan yang baku untuk membuat desain yang bagus, ini semua tergantung pada desainer dan pemesan desain. Desainer dan konsumen sangat erat kaitannya karena keduanya mempunyai peran yang penting yaitu yang membuat desain dan yang mempunyai ide. Nah, menurut saya, ini adalah hal yang menarik, karena terkadang menurut kita sebagai desainer bisa menilai bahwa ide konsumen kita itu buruk tetapi kata yang mempunyai idenya (pemesan) bagus.

Bagus atau tidak sebuah karya desain, dipengaruhi oleh selera yang melihat. Wow, kalau begitu karya kita belum tentu bagus menurut orang lain. Menurut pengalaman saya, ini sangat wajar karena pemikiran dan ide seseorang itu berbeda-beda. Di sini kita sebagai desainer terlepas desain karya kita bagus atau tidak yang paling penting adalah sesuai dengan ide pemesan. Jika desainer sudah memahami tentang ini semua, maka dia akan menikmati hasil karyanya baik berupa materi atau apa saja, kemudian konsumen juga akan puas karena desain yang dihasilkan sudah sesuai idenya.

Kedudukan tipografi sangat penting dalam pembuatan sebuah buku karena pengaruh typografi yang baik akan membuat desain buku lebih bagus, terkontrol, dan nyaman untuk dibaca.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment