TATA LETAK COVER BUKU

Rusdianto Unknown on Tuesday, May 27, 2014

TATA LETAK COVER BUKU


Tata letak cover buku tentu adalah salah satu bagian yang bisa membuat cover buku terlihat lebih menarik. Cover buku terbagi menjadi dua bagian yaitu cover bagian depan dan cover bagian belakang. Ada beberapa tips membuat tata letak desain cover buku yang baik, sebagai berikut:

1. Desain cover muka dan belakang harus mempunyai satu kesatuan (unity) supaya terlihat dinamis. Artinya desain cover depan, punggung, dan cover bagian belakang adalah satu kesatuan yang utuh, mulai dari warna, typografi, dan ilustrasi ditampilkan secara padu dan terlihat menyatu sehingga semuanya ada keterkaitan satu sama yang lainnya.

2. Adanya kesamaan semua unsur elemen antara: kulit muka, punggung, dan kulit belakang supaya seirama dan terlihat lebih harmonis.

3. Usahakan membuat pusat pandang yang baik (center point). Penting sekali karena pusat pandang yang baik seperti ilustrasi, typografi, dan komponen desain lainnya akan membuat desain buku tersebut terlihat lebih menarik.

4. Atur sebaik mungkin komponen sebagai berikut: Judul buku, nama penulis, ilustrasi/gambar, logo, dan lain-lain dengan irama yang baik yang disesuaikan dengan ukuran buku yang digunakan.

5. Perhatikan ukuran unsur tata letak proprosional yaitu perbandingan ukuran buku dengan unsur/elemen-elemen desain seperti: logo, judul, ilustrasi, dan lain-lain.

6. Perhatikan kekontrasan desain cover dengan baik supaya menarik dan bisa menjelaskan ilustrasi yang ada di cover buku sehingga bisa menjelaskan isi buku tersebut.

7. Jika cover buku yang Anda buat adalah seri, maka pertahankan pola dan konsistensi buku tersebut supaya terlihat serinya.

Di atas adalah beberapa tips bagaimana tata letak cover buku bisa membuat sebuah buku tampil menarik di mata yang pemabaca. Prinsipnya, jika desain cover buku sudah menarik, maka konotasi orang yang melihatnya isinya juga bisa dikatakan menarik, padalah dalam kenyataannya belum tentu baik.

Banyak keuntungan jika cover buku baik dan menarik, maka bagian marketingnya sangat terbantu karena calon konsumen atau calon pembaca sudah senang dulu dan yakin mereka mempunyai keinginan untuk membaca isinya. Jika sebaliknya, walaupun isinya bagus, kemudian desain cover bukunya kurang menarik, maka mungkin juga calon pembaca kita tidak tertarik dan jika sudah begitu maka hilang satu calon pembaca atau calon konsumen kita.

Strategi supaya membuat cover buku terlihat bagus dan menarik adalah dengan membuat rencana dan konsep desain yang matang sebelum mengerjakannya. Banyak cara untuk membuat konsep desain salah satunya adalah dengan melihat referensi desain orang lain. Sangat penting juga ketika mau mengerjakan desain, tentukan beberapa spesifikasi seperti: ukuran buku, jenis kertas, judul buku, logo, dan komponen buku desain lainnya.

Jika kita sudah mengetahui semua spesifikasi buku yang akan dibuat, maka Anda lebih mudah membuatnya. 

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Tata Letak Cover Buku >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Tata Letak Cover Buku >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Tata Letak Cover Buku >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment